Proses Bisnis Perusahaan JNE





PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
Produk jasa
Proses Bisnis pada JNE
Manage Process
a.      Set Direction

Visi:
Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia.

Misi:
Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.
b.      Set Strategy
·         Strategi utama menghadapi persaingan bisnis adalah dengan menjaga kualitas pengiriman barang dengan memastikan barang sampai ke tujuan dengan kondisi baik dan sesuai dengan waktu yang telah diperkirakan.
·         Penerapan Teknologi dalam memberikan informasi dan keyakinan bagi  para pelanggan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dalam bisnis ekpedisi dan hal ini telah dilakukan oleh JNE dengan memberikan layanan  pengecekan barang melalui No. Resi, melalui nomor resi  pelanggan dapat melihat status kirimannya sudah sampai atau sudah di proses belum,teknologi tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan akan layanan yang didapatkan menggunakan jasa JNE.
·         JNE mengeluarkan JNE Card sehingga pelanggan akan memperoleh potongan dengan poin yang mereka kumpulkan. Dengan menghadapi daya tawar konsumen dan mempertahankan konsumen JNE lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanan sehingga kepercayaan  pelanggan semakin tinggi.
·         Strategi yang dilakukan PT JNE dalam pengembangan produknya adalah dengan mempertahankan kualitas produk dan memperluas jaringan hingga ke  pelosok seta memaksimalisasikan jam operasional.bekerjasama dengan Western Union (WU)
·         JNE memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan diperkenalkannya layanan Pesona. Dengan produk PESONA(Pesanan Oleh-oleh Nusantara) ini JNE menarik konsumen yang baru (new customer) sekaligus juga meningkatkan pemakaian (more usage).
c. Direct Busines
Perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat membuat permintaan penanganan kiriman import semakin berkembang. Tidak hanya mencakup paket kecil dan dokumen, tetapi mencakup pada penanganan transportasi, logistik, serta distribusi.Kecepatan layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerjanya.
Core Process
a.      Develop Product
·         JNE memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan diperkenalkannya layanan Pesona. Dengan produk PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara) ini JNE menarik konsumen yang baru (new customer) sekaligus juga meningkatkan pemakaian (more usage).
·         Kemitraan menjadi agen JNE lebih di permudah sehingga dengan cara mengajak masyarakat untuk bergabung dengan JNE menjadikan salah satu upaya memperluas jaringan JNE itu sendiri.
b.      Process (proses pelayanan)
·         merupakan prosedur jasa tersebut, yang biasanya terdapat tahapan-tahapan mulai dari awal pembelian jasa sampai terjadinya feedback berupa kepuasan atau kekecewaan pelanggan. Hal ini sangat perlu di perhatikan karena menyangkut kualitas layanan sebuah perusahaan jasa.
·         Pada perusahaan kurir JNE memberikan standar pelayanan berupa keramahan karyawan, ketelitian dalam peng-input-an barang dan alamat yang ingin dituju. Bahkan ada sebuah fitur layanan untuk pelanggan yang ingin ikut memonitor proses pengiriman barangnya melalui website resmi Tiki JNE tersebut. Jadi pelanggan akan akan tahu barangnya sudah sampai di mana atau sudah sampai pada tujuannya.
c.       Support Product
·         Super Speed (SS)
JNE SS adalah pengiriman paket atau dokumen peka waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE.
·         YES (Yakin Esok Sampai)
JNE YES adalah layanan pengiriman premium dengan target kiriman sampai di tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari Minggu dan libur nasional.
·         OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
JNE OKE adalah layanan pengiriman untuk barang berukuran besar atau berat dengan harga ekonomis
·         PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara)
Kini ribuan ragam makanan khas Nusantara dapat dipesan secara online dan akan didatangkan langsung dari daerah asalnya.
·         REG (Regular)
JNE Regular adalah layanan pengiriman cepat, aman, dan handal sampai ke pelosok Indonesia.
·         JNE Loyalty Card (Membership)
JNE Loyalty Card (JLC) merupakan program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE.

·         Jesika
JESIKA memberikan layanan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan.
·         Pelikan
JNE PELIKAN memastikan kiriman tiba dengan cepat dan aman.
·         Money Remittance
JNE Money Remittance adalah layanan pengiriman uang oleh JNE yang bekerjasama dengan perusahaan kelas dunia bidang pengiriman uang, Western Union.
·         JNE Pick-Up Point (JNE PIPO)
JNE Pick-Up Point adalah layanan alternatif pelanggan dalam proses penerimaan kiriman.
·         Diplomat
JNE Diplomat adalah layanan pengantaran peka waktu atas barang berharga/bernilai tinggi atau dokumen penting yang menuntut pengamanan optimal.
·         @box
JNE @BOX adalah layanan pengemasan kiriman sesuai persyaratan pengiriman udara
·         JNE Online Payment (JOP)
JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang JNE di Indonesia.
·         JNE Online Payment (JOP)
JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang JNE di Indonesia.
·         JNE Trucking
JNE menyediakan armada truck untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dalam pengiriman dimana setiap paket yang dikirimkan di-handle dengan pelayanan khusus sehingga paket kiriman lebih terjamin. Truck yang digunakan adalah berjenis Double-Decker sehingga paket yang diangkut lebih aman serta meminimalisir resiko kerusakan pada saat proses pengiriman
·         International Service
JNE menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam pengiriman ke seluruh belahan dunia dengan memberikan pelayanan terbaik.

·         My JNE
Aplikasi MY JNE adalah aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima.
·         Pop Box
JNE-PopBox menawarkan kemudahan untuk Anda tanpa harus berada di rumah atau kantor ketika barang kiriman anda tiba, karena anda bisa mengambilnya langsung di lokasi loker terdekat. JNE-PopBox aman dan mudah digunakan.
Support Process
a.HRD Senior Manager
Tugas dan tanggung jawab dari HRD Senior Manager adalah:
·         Melakukan pencarian atau perekrutan karyawan, menyeleksi dan menetapkan kerja karyawan
·         Menangani hal-hal yang berhubungan dengan pemecatan atau pemberhentian karyawan.
·         Mengkoordinir dan memecahkan masalah-masalah yang ada pada divisi personalia.
b. Operating Support System
1. Transaction Processing System
My-ORION Integrated System merupakan system terintegrasi yang dimanfaatkan oleh JNE sebagai layanan pengelolaan berbagai aspek dari proses bisnis JNE dalam hal logistic.Untuk pencarian seperti tarif, wilayah dan hardware.
2. Enterprise Collaboration System
Untuk pertukaran informasi dan koordinasi, JNE memiliki JNE Chat Room.
3. Process Control System
Pelanggan dapat memantau secara online paket kirimannya melalui sistem berbasis teknologi informasi yang disebut MyOrion.Pihak PT. JNE Logistik memberitahukan nomor resi pengiriman barang ke pelanggan. Pelanggan tinggal memasukkan nomor resi pengiriman melalui website www.jne.co.id. Selanjutnya, pelanggan dapat melihat status pengiriman paketnya.
C.Financial & accounting
·         Finance & Administration Director
Tugas dan tanggung jawab dari Finance & Administration Director adalah:
1.      Memimpin dan mengkoordinir seluruh aktivitas keuangan perusahaan
2.      Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada
3.      purchasing manager, finance & acc. senior manager, H
4.      RD senior manager, dan general affairs manager.
5.      Membuat dan menetapkan rencana keuangan perusahaan.
D.Maintenance Process
  Pemeliharaan yang dilakukan adalah memperbaiki dan mengkontrol selalu server pada JNE .







DAFTAR PUSTAKA












Komentar