Proses Bisnis Perusahaan JNE
PT Tiki Jalur Nugraha
Ekakurir (JNE)
Produk jasa
Proses Bisnis pada JNE
Manage Process
a. Set Direction
Visi:
Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia.
Misi:
Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.
b. Set Strategy
·
Strategi
utama menghadapi persaingan bisnis adalah dengan menjaga kualitas pengiriman
barang dengan memastikan barang sampai ke tujuan dengan kondisi baik dan sesuai
dengan waktu yang telah diperkirakan.
·
Penerapan
Teknologi dalam memberikan informasi dan keyakinan bagi para pelanggan merupakan kewajiban yang harus
dipenuhi dalam bisnis ekpedisi dan hal ini telah dilakukan oleh JNE dengan
memberikan layanan pengecekan barang melalui
No. Resi, melalui nomor resi pelanggan
dapat melihat status kirimannya sudah sampai atau sudah di proses belum,teknologi
tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan akan layanan yang didapatkan menggunakan
jasa JNE.
·
JNE
mengeluarkan JNE Card sehingga pelanggan akan memperoleh potongan dengan poin
yang mereka kumpulkan. Dengan menghadapi daya tawar konsumen dan mempertahankan
konsumen JNE lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanan sehingga
kepercayaan pelanggan semakin tinggi.
·
Strategi
yang dilakukan PT JNE dalam pengembangan produknya adalah dengan mempertahankan
kualitas produk dan memperluas jaringan hingga ke pelosok seta memaksimalisasikan jam
operasional.bekerjasama dengan Western Union (WU)
·
JNE
memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan
diperkenalkannya layanan Pesona. Dengan produk PESONA(Pesanan Oleh-oleh
Nusantara) ini JNE menarik konsumen yang baru (new customer) sekaligus juga
meningkatkan pemakaian (more usage).
c. Direct
Busines
Perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat membuat
permintaan penanganan kiriman import semakin berkembang. Tidak hanya mencakup
paket kecil dan dokumen, tetapi mencakup pada penanganan transportasi,
logistik, serta distribusi.Kecepatan layanan yang konsisten dan bertanggung
jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra
kerjanya.
Core Process
a. Develop Product
·
JNE
memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan
diperkenalkannya layanan Pesona. Dengan produk PESONA (Pesanan Oleh-oleh
Nusantara) ini JNE menarik konsumen yang baru (new customer) sekaligus juga
meningkatkan pemakaian (more usage).
·
Kemitraan
menjadi agen JNE lebih di permudah sehingga dengan cara mengajak masyarakat
untuk bergabung dengan JNE menjadikan salah satu upaya memperluas jaringan JNE
itu sendiri.
b. Process (proses pelayanan)
·
merupakan
prosedur jasa tersebut, yang biasanya terdapat tahapan-tahapan mulai dari awal
pembelian jasa sampai terjadinya feedback berupa kepuasan atau kekecewaan
pelanggan. Hal ini sangat perlu di perhatikan karena menyangkut kualitas
layanan sebuah perusahaan jasa.
·
Pada
perusahaan kurir JNE memberikan standar pelayanan berupa keramahan karyawan,
ketelitian dalam peng-input-an barang dan alamat yang ingin dituju. Bahkan ada
sebuah fitur layanan untuk pelanggan yang ingin ikut memonitor proses pengiriman
barangnya melalui website resmi Tiki JNE tersebut. Jadi pelanggan akan akan
tahu barangnya sudah sampai di mana atau sudah sampai pada tujuannya.
c. Support Product
·
Super
Speed (SS)
JNE SS adalah pengiriman paket atau dokumen peka waktu yang harus
diberangkatkan sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE.
·
YES
(Yakin Esok Sampai)
JNE YES adalah layanan pengiriman premium dengan target kiriman sampai di
tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari Minggu dan libur nasional.
·
OKE
(Ongkos Kirim Ekonomis)
JNE OKE adalah layanan pengiriman untuk barang berukuran besar atau berat
dengan harga ekonomis
·
PESONA
(Pesanan Oleh-oleh Nusantara)
Kini ribuan ragam makanan khas Nusantara dapat dipesan secara online dan
akan didatangkan langsung dari daerah asalnya.
·
REG
(Regular)
JNE Regular adalah layanan pengiriman cepat, aman, dan handal sampai ke
pelosok Indonesia.
·
JNE
Loyalty Card (Membership)
JNE Loyalty Card (JLC) merupakan program keanggotaan yang ditujukan
kepada pelanggan setia JNE.
·
Jesika
JESIKA memberikan layanan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga
pengantaran ke tempat tujuan.
·
Pelikan
JNE PELIKAN memastikan kiriman tiba dengan cepat dan aman.
·
Money
Remittance
JNE Money Remittance adalah layanan pengiriman uang oleh JNE yang
bekerjasama dengan perusahaan kelas dunia bidang pengiriman uang, Western
Union.
·
JNE
Pick-Up Point (JNE PIPO)
JNE Pick-Up Point adalah layanan alternatif pelanggan dalam proses
penerimaan kiriman.
·
Diplomat
JNE Diplomat adalah layanan pengantaran peka waktu atas barang
berharga/bernilai tinggi atau dokumen penting yang menuntut pengamanan optimal.
·
@box
JNE @BOX adalah layanan pengemasan kiriman sesuai persyaratan pengiriman
udara
·
JNE
Online Payment (JOP)
JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian
dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti
tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang
JNE di Indonesia.
·
JNE
Online Payment (JOP)
JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian
dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti
tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang
JNE di Indonesia.
·
JNE
Trucking
JNE menyediakan armada truck untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan
dalam pengiriman dimana setiap paket yang dikirimkan di-handle dengan pelayanan
khusus sehingga paket kiriman lebih terjamin. Truck yang digunakan adalah
berjenis Double-Decker sehingga paket yang diangkut lebih aman serta
meminimalisir resiko kerusakan pada saat proses pengiriman
·
International
Service
JNE menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam pengiriman ke seluruh
belahan dunia dengan memberikan pelayanan terbaik.
·
My
JNE
Aplikasi MY JNE adalah aplikasi berbasis android yang terhubung dengan
nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai
penerima.
·
Pop
Box
JNE-PopBox menawarkan kemudahan untuk Anda tanpa harus berada di rumah
atau kantor ketika barang kiriman anda tiba, karena anda bisa mengambilnya
langsung di lokasi loker terdekat. JNE-PopBox aman dan mudah digunakan.
Support Process
a.HRD Senior
Manager
Tugas dan tanggung jawab dari HRD Senior Manager adalah:
·
Melakukan
pencarian atau perekrutan karyawan, menyeleksi dan menetapkan kerja karyawan
·
Menangani
hal-hal yang berhubungan dengan pemecatan atau pemberhentian karyawan.
·
Mengkoordinir
dan memecahkan masalah-masalah yang ada pada divisi personalia.
b. Operating
Support System
1.
Transaction Processing System
My-ORION Integrated System merupakan system terintegrasi yang
dimanfaatkan oleh JNE sebagai layanan pengelolaan berbagai aspek dari proses
bisnis JNE dalam hal logistic.Untuk pencarian seperti tarif, wilayah dan
hardware.
2. Enterprise
Collaboration System
Untuk pertukaran informasi dan koordinasi, JNE memiliki JNE
Chat Room.
3. Process
Control System
Pelanggan dapat memantau secara online paket kirimannya
melalui sistem berbasis teknologi informasi yang disebut MyOrion.Pihak PT. JNE
Logistik memberitahukan nomor resi pengiriman barang ke pelanggan. Pelanggan
tinggal memasukkan nomor resi pengiriman melalui website www.jne.co.id.
Selanjutnya, pelanggan dapat melihat status pengiriman paketnya.
C.Financial
& accounting
·
Finance
& Administration Director
Tugas dan
tanggung jawab dari Finance & Administration Director adalah:
1. Memimpin dan mengkoordinir seluruh
aktivitas keuangan perusahaan
2. Mengkoordinasi dan mengawasi
pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada
3. purchasing manager, finance &
acc. senior manager, H
4. RD senior manager, dan general
affairs manager.
5. Membuat dan menetapkan rencana
keuangan perusahaan.
D.Maintenance
Process
Pemeliharaan yang dilakukan adalah memperbaiki
dan mengkontrol selalu server pada JNE .
DAFTAR PUSTAKA
http://economy.okezone.com/read/2013/08/10/320/848544/strategi-jne-hadapi-ketatnya-persaingan-bisnis
Komentar
Posting Komentar